Bisnis Tanpa Modal

Bisakah kita menjalankan bisnis tanpa modal? Kebanyakan orang pasti menjawab tidak, kenyataan di lapangan menjadi pegawai ataupun karyawan aja pake modal.
Sebelumnya coba kita lihat beberapa fakta di sekitar kita:
*      Fakta, banyak lulusan SLTA bahkan lulusan perguruan tinggi mengeluh susahnya cari kerja.
*      Fakta, banyak yang bingung setelah lulus sekolah ato kuliah mau kerja dimana ya?
*      Fakta, dari ratusan bahkan ribuan pelamar kerja pada lowongan sebuah  perusahaan ato instansi hanya beberapa peserta aja yang beruntung diterima. Yang sesuai kebutuhan perusahaan atopun instansi kuotanya memang tidak banyak.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa banyaknya pencari kerja tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada. Berarti dijaman sekarang ini kita dituntut untuk menciptakan lapangan kerja atau peluang usaha minimal bagi diri kita sendiri. Pertanyaannya, berapa besar modal yang harus kita sediakan? Modalnya dari mana? Sebetulnya pertanyaan tadi gak akan muncul mana kala soal modal gak ada masalah. Tetapi pertanyaan yang muncul mau bikin usaha apa ya??

Ada beberapa bidang usaha yang seiring perkembangan jaman gak ada matinya justru semakin banyak pelaku usahanya, diantaranya:
*      Pendidikan
Bisa kita lihat banyak bermunculan kursus-kursus, privat-privat ataupun bimbingan belajar bermunculan bahkan banyak yg difrancise-kan. Tetapi modalnya cukup besar.
*      Kesehatan
Bisa kita lihat banyak  bermunculan klinik, rumah sakit, ataupun apotik-apotik. Berkembangkah usaha mereka? Justru semakin berkembang karena masyarakat sekarang sadar akan pentingnya kesehatan. Modal jelas sangat besar.
*      Internet/dunia online
Seiring perkembangan jaman internet sudah menjadi sebuah kebutuhan, anak sekolah misalnya sekarang mereka tidak lepas dari internet. Bagaimana bagi seorang pengusaha? Modal relatif lebih ringan.
Sepertinya dunia internet lebih menarik untuk diulas, selain kita sendiri suka browsing biaya cukup terjangkau.

Di Indonesia khususnya pengguna internet semakin bertambah tahun semakin meningkat, ditahun 2009 pengguna internet mencapai 30jt orang. Dan baru sedikit sekali memanfaatkan dunia online untuk sarana bisnis. Kebanyakan mereka hanya pengguna pasif artinya menggunakan internet hanya untuk mencari informasi saja. Alangkah indahnya manakala setiap kita browsing, selain kita mencari informasi juga menyajikan sebuah informasi yang kita lempar kedunia maya sehingga menghasilkan timbal balik yang positif bahkan menghasilkan profit bagi kita yang sering disebut bisnis online.

Di tahun 2011 ini banyak masyarakat atau pengusaha yang melirik kedunia online sebagai referensi ataupun sarana untuk mendongkrak omset usahanya. Ini adalah peluang... mereka mencari, kita menjual. Maka terjadilah transaksi secara online. Bagaimana cara menjalankan bisnis di online tanpa modal??? Kita sambung di posting berikutnya. Mudah-mudahan ulasan pertama ini bisa sedikit banyak membuka wawasan kita semua.

0 Response to "Bisnis Tanpa Modal"

Posting Komentar

Bisnis 100% Tanpa Modal